Senin, 21 Agustus 2017

Fakta Mengejutkan Manfaat Daun Sambung Nyawa

Anda sedang terkena kolesterol tinggi atau tingkat gula darah tinggi? Anda bisa mencoba manfaat daun Sambung Nyawa untuk menuntaskan masalah anda. Tanaman dengan nama ilmiah Gynura Procumbens ini pun bisa digunakan sebagai anti-hipertensi dan anti-inflamasi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung di dalam daun Sambung Nyawa merupakan regulator yang efisien dari gula darah dan melindungi ginjal dan retina dari kerusakan yang disebabkan oleh gula darah tinggi.
manfaat daun sambung nyawa dan gambarnya,daun sirsak,daun dewa,daun salam,binahong,kumpulan manfaat daun sambung nyawa,daun sirih merah,daun sambiloto,

Sambung Nyawa adalah tanaman tahunan dengan tinggi antara 10 hingga 25 cm. Daun berwarna hijau cerah dan terasa halus saat disentuh. Bentuk daun dapat bervariasi tergantung pada kondisi pertumbuhan mulai dari bulat sampai bulat telur tetapi semuanya memiliki tepi bergerigi. Menariknya batang muda berwarna hijau, tetapi dengan bertambahnya umur akan berubah menjadi ungu dengan bintik-bintik hijau. Beberapa daun juga akan berubah ungu. Jika dipangkas dengan teratur, tanaman akan tetap tumbuh rendah. Namun tanaman ini bila sudah tua bisa merambat.

Daun tanaman ini bisa dimakan mentah atau dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Anda dapat menambahkannya ke salad atau smoothie atau dimasak dengan mentega atau ditambahkan dalam sup atau cukup diseduh layaknya membuat teh. Kebanyakan menyarankan sebanyak 3 hingga 6 lembar daun dimakan setiap hari. Tanaman yang di negara barat sana dijuluki sebagai "bayam panjang umur" dan "bayam kolesterol" ini mudah ditanam dengan pertumbuhan yang cepat sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman apotek hidup sekaligus sumber sayuran yang bernutrisi.

Beberapa fakta menarik lainnya tentang hasil riset untuk membuktikan manfaat daun Sambung Nyawa diantaranya adalah :

- Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari daun Sambung nyawa mampu mengurangi tingkat kolesterol darah dan trigliserida yang tinggi. Sementara penelitian lain yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Korea melaporkan bahwa ramuan ini memiliki sifat anti-hipertensi.

- Menurut Plant Resources of South East Asia (PROSEA), tanaman ini juga digunakan oleh masyarakat di benua Afrika, dimana daun direbus dan digunakan sebagai obat luar untuk meringankan nyeri tubuh secara umum termasuk mengobati nyeri rematik. Manfaat daun Sambung Nyawa kering yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak untuk digunakan sebagai tapal bisa mengobati keluhan penyakit kulit.

Berikut cara penggunaan daun Sambung Nyawa untuk penyembuhan beberapa penyakit :

1. Kencing manis
Ambil 7 helai daun Sambung Nyawa dari pohonnya. Cuci bersih dan bilas menggunakan air masak. Anda bisa langsung menyantapnya untuk lalapan sebagai teman makan nasi. Kerjakan kebiasaan ini sehari dua kali.

2. Hipertensi
Sediakan 7 helai daun Sambung Nyawa yang baru dipetik. Bersihkan dengan mencucinya dan makan sebagai sayur lalap. Boleh juga dimasak tumis atau dikukus beberapa saat sebelum dinikmati. Bila anda mau boleh juga dibuat jus

3. Sinusitis
Manfaat daun Sambung Nyawa ini didapat dengan menyediakan 4 helai daun Sambung Nyawa bila untuk anak-anak dan 7 helai bila untuk dewasa. Penggunaannya pun sama yaitu dibuat lalapan atau dibuat jus. Konsumsi sehari sekali.
Fakta Mengejutkan Manfaat Daun Sambung Nyawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chairul Widjaja